Lompat ke isi utama

Berita

2 Spanduk Bermuatan SARA Pada Masa Tenang Diturunkan

Spanduk SARA

Panwaslu Kecamatan Tanjungpandan menertibkan spanduk bermuatan SARA di Terminal Tanjungpandan, Minggu (11/02/24). Foto: Humas Panwaslu Kecamatan Tanjungpandan

Tanjungpandan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung — Bawaslu Kabupaten Belitung, menurunkan dua buah spanduk bermuatan unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) di dua titik wilayah itu saat berlangsungnya masa tenang Pemilu 2024.

"Bawaslu Belitung melalui jajaran anggota Panwaslu Kecamatan Tanjungpandan telah menurunkan dua spanduk yang bermuatan unsur SARA di masa tenang Pemilu 2024," ujar Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurutnya, spanduk yang bermuatan unsur SARA tersebut terpasang di perempatan lampu merah (traffic light) Terminal Tanjung Pandan dan Pangkallalang.

Aris mengatakan, spanduk tersebut bertuliskan "Melayu Belitong Pilih Wakil Rakyat Belitong" yang terpasang di perempatan lampu merah Terminal Tanjung Pandan.

Sedangkan satu spanduk lainya terpasang di perempatan lampu merah Pangkallalang yang bertuliskan "Pesan ulama: Pilih Wakil Rakyat yang Seakidah, Selamat Dunia Akhirat".

"Pagi tadi anggota Panwascam Tanjungpandan secara sigap dan cepat menindaklanjuti laporan keberadaan spanduk tersebut dan langsung diturunkan," ujarnya.

Ia menambahkan, selama berlangsungnya masa tenang Pemilu 2024 mulai 11-13 Februari 2024, jajaran Bawaslu Belitung terus melakukan patroli pengawasan guna menjaga ketertiban dan kondusifitas masa tenang. "Sehingga apabila ditemukan adanya spanduk ataupun baliho yang bermuatan SARA ataupun provokatif langsung kami tindak atau turunkan," katanya.

Ia mengimbau, seluruh peserta Pemilu 2024 dan masyarakat dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan kondusifitas selama berlangsungnya masa tenang Pemilu 2024.

"Kami harapkan peserta Pemilu 2024 dan masyarakat dapat menjaga situasi kamtibmas dan kondusifitas di masa tenang Pemilu 2024," ujarnya.

Penulis: Humas Bawaslu Belitung

Editor: Humas Bawaslu Belitung