Lompat ke isi utama

Berita

Siswa Siswi Sma dan Sederajat Se-Kabupaten Belitung Jadi Garda Terdepan Cegah Pelanggaran Pemilihan

17

Foto bersama dalam kegiatan Pengawasan Pemilihan Partisipatif di Hotel La-Lucia Belitung, Sabtu (06/09/24). Foto: Muhamad Yusuf

Tanjungpandan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung mengundang kurang lebih 100 orang Siswa SMA sederajat Se-Kabupaten Belitung dalam Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di La Lucia Boutique Hotel, Sabtu (7/9/2024).

Kegiatan ini mengusung tema “Peran Penting Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Memilih dan Mengawasi Pemilihan Serentak Tahun 2024.” Peserta yang hadir pada kegiatan ini merupakan pelajar berusia 17 hingga 25 tahun, dengan kategori pemilih pemula, serta guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung, Heikal Fackar, menyampaikan bahwa sosialisasi ini menekankan pentingnya peran pemilih pemula tidak hanya dalam memberikan suara, tetapi juga dalam mengawasi jalannya pemilu. “Nah, ini bedanya kami di Bawaslu dengan sosialisasi di KPU. Kalau di Bawaslu, pemilih pemula itu tidak hanya datang ke TPS lalu memberikan suaranya. Tapi juga harus aktif ikut mengawasi jalannya Pemilu, dan kami Bawaslu Kabupaten Belitung mengharapkan agar sahabat-sahabat yang hadir dalam kegiatan ini menjadi garda terdepan Bawaslu dalam mencegah terjadinya dugaan kecurangan dalam tahapan Pemilihan serentak tahun 2024,” ujar Heikal.

Haikal juga berharap sosialisasi ini mampu mendorong pengawasan dan pencegahan tidak hanya dari pengawas Pemilu melainkan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk pemilih pemula.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini akan banyak laporan atau aduan dari pemilih pemula maupun masyarakat terkait dengan dugaan kecurangan dalam proses Pilkada Serentak 2024,” pungkas Heikal.

Penulis: Muhamad Yusuf